Kebijakan Rekanan 
 
1.Kebijakan PTPN XIII (Persero) dalam pengadaan barang/jasa lebih memprioritaskan pengadaan secara langsung dari pabrikan, distributor resmi atau agen tunggal dan menghindari penggunaan perantara yang tidak memberikan nilai tambah. Dalam pemilihan rekanan, PTPN XIII (Persero) lebih memperhatikan aspek kemampuan dan daya saing Rekanan.

2.

Ketentuan dan persyaratan bagi para Rekanan yang akan mengikuti kegiatan pengadaan barang dan jasa di PTPN XIII (Persero) adalah Rekanan yang terdaftar dalam Daftar Rekanan Terseleksi (DRT) dan diseleksi ulang setiap tahunnya dengan menunjukkan dokumen aslinya kepada Panitia Seleksi Rekanan, dengan syarat sebagai berikut :
 
a.
Syarat Administratif
  i.Surat Permohonan menjadi Rekanan
ii.Akta Pendirian Perusahaan/Koperasi beserta perubahannya
iii.Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang masih berlaku
  iv.Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang masih berlaku
  v.Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  vi.Sertifikasi Badan Usaha dari Asosiasi yang diakreditasi oleh Pemerintah (untuk pengadaan barang dan jasa) yang masih berlaku
  vii.Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) yang masih berlaku
  viii.Surat Izin Bidang Jasa Konsultansi untuk pengadaan jasa konsultansi yang masih berlaku
  ix.NPWP dan PKP
  x.Referensi Bank
  xi.Neraca Perusahaan tahun terakhir
  xii.Sertifikat lainnya (Keagenan, Distributor)
 
b.
Syarat Teknis
  i.Daftar Fasilitas yang dimiliki
  ii.Jumlah pegawai dan keahliannya
  iii.Mempunyai kemampuan/keahlian dan pengalaman dalam bidang usahanya disertai dengan adanya daftar pengalaman pekerjaan dan referensi.

3.

Surat Permohonan dari calon Rekanan PTPN XIII (Persero) untuk menjadi Rekanan PTPN XIII (Persero), menunjukkan penerimaan oleh para Rekanan atas ketentuan dan syarat-syarat yang ditetapkan oleh PTPN XIII (Persero).

4.

Semua Rekanan akan dilakukan seleksi berdasarkan kriteria administratif dan teknis. Dalam hal ini PTPN XIII (Persero) berhak untuk melakukan evaluasi/verifikasi biodata dan melakukan pemeriksaan secara langsung atas fasilitas yang dimiliki oleh Rekanan. Segala keputusan seleksi Rekanan yang dilakukan oleh PTPN XIII (Persero) adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada kewajiban bagi PTPN XIII (Persero) untuk memberikan penjelasan detail atas keputusan hasil seleksi Rekanan.

5.

PTPN XIII (Persero) mempunyai kebijakan dan berhak dalam menetapkan jumlah Rekanan dan keberadaannya dalam Daftar Rekanan Terseleksi (DRT) yang akan dievaluasi secara rutin.